Berita

Senat Unsyiah Tetapkan Tiga Calon Rektor

BANDA ACEH – Senat Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) menetapkan tiga nama sebagai calon Rektor Unsyiah yang akan dipilih pada Januari 2018. Ketiga calon rektor itu ditetapkan oleh senat dalam tahapan penjaringan seusai penyampaian visi misi bakal calon rektor di lantai dua Biro Rektor Unsyiah di Banda Aceh, Senin (11/12).

Ketiga orang yang ditetapkan sebagai calon rektor tersebut adalah Prof Dr Ir Samsul Rizal MEng (Fakultas Teknik), Dr nat tech Syafruddin SP MP (Fakultas Pertanian), dan Dr dr Syahrul SpS- (K) (Fakultas Kedokteran). Ketiga calon itu ditetapkan setelah dipilih oleh tim senat dalam tahapan penjaringan calon.

“Ini tahapan kedua, proses pertamanya pendaftaran bakal calon sejak 24 Oktober sampai 22 November kemarin. Dan hari ini (kemarin -red) baru dilakukan penjaringan calon. Penjaringan sedikit bergeser jadwalnya, semula direncanakan 5 Desember, tapi baru terlaksana hari ini,” kata Kepala Humas Unsyiah, Husni Friady ST MM kepada Serambi kemarin.

Ia katakan, sejak senat membuka pendaftaran bakal calon, ada empat nama yang mendaftar sebagai bakal calon, keempat mereka adalah Prof Samsul Rizal, Dr Syafruddin, Dr Syahrul, dan Dr Muhammad Adam SE MBA (Fakultas Ekonomi). “Tapi hari ini yang ditetapkan sebagai calon hanya tiga orang saja, satu orang tereleminasi,” sebutnya.

Ditetapkan tiga nama sebagai calon rektor, lanjut Husni, setelah ketiganya terpilih oleh tim senat dalam penjaringan kemarin, seusai penyampaian visi misi. Dalam penjaringan itu, Prof Samsul Rizal meraih suara terbanyak, yakni 51 suara, selanjutnya Dr Syahrul sebanyak 24 suara, dan Dr Syafruddin sebanyak dua suara. “Sedangkan Dr Muhammad Adam tereleminasi karena tidak ada yang pilih. Total suara yang memilih 78 orang dan satu suara dinyatakan rusak,” jelas Husni.

Seusai penyampaian visi misi dan penjaringan kemarin, ketiga nama calon rektor Unsyiah tersebut langsung dibawa ke Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) oleh Dr Totok Prasetyo MT selaku Direktur Pembinaan Kelembagaan Pendidikan Tinggi Kemenristekdikti. “Kebetulan beliau hadir dalam penyampaian visi misi. Kita juga mengirim berita acara penyampaian visi misi dan penjaringan calon ini,” sebutnya.

Selanjutnya, kata Husni, setelah ketiga nama tersebut masuk ke Kemenristekdikti, senat baru akan melakukan pemilihan Rektor Unsyiah untuk masa kerja 2018-2022. Pemilihan direncanakan akan dilakukan pihak Senat Unsyiah pada Januari 2018. “Tanggal pastinya kita belum tahu, yang jelas Januari sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Nanti senat yang akan memilih. Pemilihannya, 65 persen suara dari senat dan 35 persen suara dari Menteri Ristekdikti,” jelas Husni.

Terakhir, ia tambahkan bahwa kegiatan penyampaian visi misi dan penjaringan calon rektor Unsyiah kemarin, berlangsung sukses dan tertib. Hal itu ditandai dengan hadirnya semua bakal calon dan waktu kegiatan yang berlangsung lebih cepat dari jadwal yang telah ditetapkan. “Acara berlangsung setengah hari, lebih cepat selesai dari jadwal yang diperkirakan pada sore hari,” ujarnya.

Husni menambahkan, penyampaian visi misi dihadiri para anggota Senat Unsyiah dan kuasa Kemenristekdikti. Penyampaian juga diselingi dengan tanya jawab untuk menggali kemantapan visi misi para bakal calon rektor. “Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Ketua Panitia Pemilihan Rektor Unsyiah, Prof Dr Faisal SH MHum dari Fakultas Hukum Unsyiah,” pungkas Husni Friady.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *