Berita

REKTOR BUKA UNSYIAH GAMES III

Rektor Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng., membuka ajang olahraga dan seni Unsyiah Games III, di Lapangan Gelanggang Mahasiswa Unsyiah, Senin pagi (23/4). Pembukaan ini ditandai dengan pelepasan ratusan balon udara dan marching band. Kegiatan tahunan ini diikuti 400 atlet mahasiswa dari 12 fakultas dan Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) Gayo Lues, di lingkungan Unsyiah.

Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni Unsyiah, Drs. M. Nasir Ibrahim, mengatakan kegiatan ini akan berlangsung selama tujuh hari dari tanggal 23-29 April 2018. Kegiatan akan berpusat di beberapa venue olahraga yang tersedia di lingkungan Unsyiah. Terdapat tujuh cabang olaharaga yang dipertandingkan, yaitu bulutangkis, catur, kempo, pentaque, tarung derajat, tenis lapangan, dan bola basket.

Sementara untuk cabang seni, ada 12 kategori yang dipertandingkan, yaitu pop singer, dangdut singer, baca puisi, monolog, lukis, komik strip, desain poster, fotografi hitam putih, fotografi warna, penulisan cerpen, penulisan puisi, dan penulisan lakon.

Nasir juga menambahkan, selain memperebutkan juara di setiap cabang olahraga dan seni, even ini juga memperebutkan Piala Bergilir Rektor Unsyiah bagi fakultas yang paling banyak mengumpulkan medali. Selain itu, Unsyiah Games tahun ini menjadi seleksi awal persiapan Unsyiah dalam keikutsertaan di Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) dan Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas).

Hal senada disampaikan Prof. Samsul yang mengatakan pemenang dari Unsyiah Games III akan menjadi perwakilan Unsyiah dalam seleksi Pekan Seni Mahasiswa Daerah (Peksimida) sebelum melaju ke Peksiminas di Jogja, maupun Pomnas. Untuk itu, Rektor berharap para mahasiswa agar dapat memberikan kemampuan terbaiknya selama pertandingan berlangsung. Terlebih lagi di tahun 2020, Unsyiah berencana menjadi tuan rumah penyelenggaraan Pekan Seni Mahasiswa Nasional.

“Berlombalah menjadi juara, tetapi harus tetap menjunjung sportivitas,” pesannya.

Turut hadir dalam kegiatan ini para wakil rektor, dekan fakultas, kepala biro, ketua lembaga, dan mahasiswa Unsyiah. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *