Berita

PSIP UNSYIAH GELAR DISKUSI POLEMIK PELANTIKAN KIP ACEH

Pusat Studi Ilmu Pemerintahan (PSIP) Universitas Syiah Kuala bekerjasama dengan Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH) Fakultas Hukum Unsyiah, melaksanakan diskusi publik yang bertemakan Polemik Pelantikan Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh: Peta Jalan Mencari Solusi di Aula Fakultas Hukum Unsyiah. (Kamis, 7/6).

Ketua Panitia Zubaidah Azwan MM mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan respon Unsyiah terhadap beberapa isu yang menjadi polemik di tengah masyarakat, yang salah satunya adalah polemik pelantikan KIP Aceh.

“Melalui diskusi publik ini, kita berharap bisa menghadirkan berbagai pandangan yang kemudian menjadi referensi kita semua dalam menilai polemik ini,” ujarnya.

Adapun yang pamateri hadir adalah DR. Amrizal J. Prang, S.h., M.H (Kepala Biro Hukum Setda Aceh), Zainal Abidin, S.H., M. Si m.H (Akademisi Hukum Tata Negara Unsyiah), Kurniawan S. S.H.,LL.M (Ketua PSIP Unsyiah) serta perwakilan dari DPRA. Serta hadir sebagai moderator adalah Redaktur Pelaksana Harian Serambi Indonesia Yarmen Dinamika.

Kurniawan dalam paparannya mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Unsyiah untuk merealisasikan Tri Dharma Perguruan Tingginya. Sebab melalui diskusi ini diharapkan bisa melahirkan solusi yang realistis untuk mengatasi polemik pelantikan KIP Aceh ini.

Kurniawan berharap, polemik ini harus segera diselesaikan karena selanjutnya sangat berpengaruh terhadap iklim demokrasi di Aceh, termasuk juga kualitas pemilihan yang akan berlangsung nantinya.

”Kegiatan ini adalah tanggung jawab moral kita sebagai perguruan tinggi, maka kita coba dudukkan pihak yang berkompeten untuk mendiskusikannya,” ujar Kurniawan.

Kegitan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan 1 FH Unsyiah DR. Azhari, S.H.,MCL. MA. Sebelumnya PSIP Unsyiah juga telah melakukan diskusi publik yang membahas isu yang menjadi polemik di masyarakat. Seperti isu UUMD3 maupun Pergub Hukuman Cambuk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *