Berita

PENGUMUMAN SBMPTN 3 JULI

Hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Tahun 2018 yang dilaksanakan 8 Mei lalu akan diumumkan pada Selasa, 3 Juli 2018 pada pukul 17.00 WIB melalui website http://pengumuman.sbmptn.ac.id.

Sementara itu, saat ini, Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) telah membuka satu lagi jalur masuk mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Mandiri Masuk PTN Indonesia Wilayah Barat (SMMPTN-BARAT). Kepala Humas Unsyiah, Husni Friady, mengatakan jalur ini dapat menjadi alternatif bagi calon mahasiswa yang gagal di jalur SBMPTN.

“Bagi calon mahasiswa yang belum beruntung di jalur SBMPTN, Unsyiah masih membuka kesempatan melalui seleksi SMMPTN,” ujar Husni.

Ia juga menambahkan, seleksi SMMPTN-BARAT merupakan seleksi terakhir untuk jenjang S1. Di Unsyiah, daya tampung seleksi ini mencapai 30 persen dari seluruh daya tampung mahasiswa baru tahun 2018.

Pendaftaran online SMMPTN-BARAT 2018, tambah Husni, sudah dimulai dibuka sejak 2 Mei hingga 10 Juli 2018. Peserta yang akan mengikuti SMMPTN-BARAT kali ini diharuskan melakukan registrasi di websitehttps://pendaftaran.smmptnbarat.id/. Setelah melakukan pendaftaran, peserta diharuskan membayar biaya pendaftaran melalui salah satu bank yaitu Bank Mandiri, BNI, atau BTN. Biaya registrasi dan seleksi yang telah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali.

Untuk menghindari keterlambatan cetak kartu, seperti yang banyak dialami peserta SBMPTN, Husni menyarankan sebaiknya peserta yang telah mendaftar SMMPTN-BARAT 2018 untuk segera mencetak kartu ujiannya. Dijadwalkan tes tulis (UTBC) SMMPTN-BARAT 2018 akan berlangsung pada Selasa, 17 Juli 2018 dan Ujian Keterampilan pada Rabu-Kamis, 18-19 Juli 2018. Hasil seleksi akan diumumkan pada 27 Juli 2018 pukul 14.00 WIB melalui websitehttp://pengumuman.smmptnbarat.id .

“Segala informasi terkait pendaftaran dan seleksi SMMPTN, dapat dilihat dan diakses melalui website www.smmptnbarat.id. Diharapkan semua calon peserta membaca dengan saksama sebelum mendaftar,” harap Husni.

 Selain Unsyiah, tercatat 14 perguruan tinggi negeri lainnya di Indonesia yang menggelar SMMPTN-BARAT 2018. Perguruan tinggi di Aceh yang masuk dalam ujian bersama ini adalah Universitas Malikussaleh (Unimal) Aceh Utara, Universitas Teuku Umar (UTU) di Meulaboh, Universitas Samudera (Unsam) di Langsa, dan Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) Aceh.

SMMPTN-BARAT merupakan salah satu dari tiga jalur masuk Unsyiah, selain Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Jalur SMMPTN ini biasa juga disebut jalur mandiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *