slider

Mengenal Lebih Dekat

PROFESOR Samsul Rizal lahir di Idi Rayeuk, Aceh Timur, 8 Agustus 1962 silam. Ia menghabiskan masa kanak-kanak di tanah kelahirannya. Samsul berasal dari keluarga sederhana, dulu setiap pulang dari sekolah ia membantu ayahnya berjualan.

Pendidikan dari Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) di Aceh Timur. Setelah lulus SMA ia melanjutkan pendidikan ke Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Banda Aceh. Saat itu ia mengambil jurusan Teknik. Meski pada awalnya ia sangat berkeinginan untuk kuliah ke Institut Pertanian Bogor (IPB).

Samsul menggondol gelar S1 dengan predikat memuaskan. Ia lalu diberikan beasiswa untuk melanjutkan magister atau S2. Samsul menamatkan S2 di Master of Mechanical Tohoyasi, University of Technologi Jepang. Pada 2001 ia menyelesaikan program doktor di bidang Struktural Integrity Jepang.

Prestasi akademiknya tergolong bagus. Pada 1994 ia mendapatkan dosen teladan pertama di Fakultas Teknik Unsyiah dan dosen teladan kedua di tingkat universitas. Pada 2004 ia juga terpilih sebagai peneliti terbaik pertama di Unsyiah.

Dua tahun kemudian ia dipercaya sebagai Pembantu Rektor I. Saat itu tampuk pimpinan Rektor Unsyiah dipegang Profesor Darni Daud. Nah, pada 2012 Samsul Rizal diberikan kepercayaan oleh Senat Unsyiah untuk memimpin kampus yang dijuluki Jantong Hatee Rakyat Aceh itu, sesuai dengan keluarnya Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137/MPK.A4/KP/2012 tertanggal 29 Maret 2012.

Dalam surat itu diputuskan, terhitung 2 Januari 2012 memberhentikan dengan hormat Prof Dr Darni M Daud MA dari jabatan Rektor Unsyiah periode 2010-2014. Sekaligus mengangkat Prof Dr Ir Samsul Rizal MEng, Pembantu Rektor I Unsyiah, sebagai Penjabat Rektor Unsyiah.

http://sumaterapost.com/berita1/Mengenal-Lebih-Dekat-Profesor-Samsul-Rizal-Rektor-Baru-Unsyiah-28850

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *