Program

Berikut Capaian Unsyiah Selama Dipimpin Samsul Rizal

Bakal Calon (Balon) Rektor Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Prof. Samsul Rizal, M.Eng sejak menjadi Rektor di Universitas Syiah Kuala dikenal sosok pekerja keras yang memiliki komitmen untuk melakukan perubahan terhadap kampus yang menjadi kebanggaan masyarakat Aceh, Selasa 12/12/2017.

Berkat kerja keras Samsul dan semua pihak Unsyiah berhasil mencapai akreditasi institusi A.

Selain itu, fasilitas Unsyiah saat ini sudah lebih dari mencukupi, namun dengan perkembangan dalam 3 tahun terakhir dimana ada penambahan hampir 30 program studi sehingga sarana prasara juga harus ditambah.

Dalam survei The Scimago Institutions Rankings (SIR), mencatat peringkat pertama diduduki oleh Intitut Teknologi Bandung (ITB), peringkat kedua Universitas Indonesia (UI), ketiga Universitas Gajah Mada (UGM) dan peringkat empat Unsyiah.

Pengembangan infrastruktur terus dilakukan agar kampus Unsyiah ini tetap menjadi yang terbaik, meski berada diujung Sumatera, sejak Prof Samsul Rizal menjabat Rektor Unsyiah, kampus itu menjadi pringkat keempat di Indonesia.

Selanjutnya, peningkatan manajemen kebersihan, pertamanan dan keamanan kampus. Pembangunan gedung pool kendaraan dinas, dan pembangunan sarana fisik University Farm II Ie Seum, Gayo Lues, dan Bener Meriah sebagai model agribisnis terpadu, konservasi, dan agrowisata.

Perluasan gedung kuliah umum dan gedung fasilitas umum kampus dalam upaya penggunaaan bersama sehingga efisien dengan system e-scheduling.

Untuk fasilitas dan peralatan, Samsul akan melakukan penambahan dan peningkatan fasilitas dan peralatan perkuliahan, praktikum, dan penelitian. Penyediaaan sarana dan pendidikan khusus (Tropical Medicine, pusat studi paru dan jantung, Fakultas Keperawatan, Fisip, FE, Fakultas Kelautan dan Perikanan, Peternakan dan Fakultas Kedokteran Gigi, Rumah Sakit Pendidikan dan ruang dosen).

Kemudian rehap dan perawatan gedung dan fasilitas labotorium pengajaran dan penelitian. Peningkatan kualitas jalan, pagar seputar kampus, dan penghijauan kampus. Perbaikan sistem drainase, pengolahan limbah, dan suplai air lingkungan kampus.

Penambahan fasilitas dan peralatan ICT untuk UPT. TIK yang akan dikembangkan menjadi lembaga sistem informasi Unsyiah. Pengadaan peralatan penelitian biologi molekuler/animal transgenisc dan stem cell untuk labotorium terpadu, dan pengembangan fasilitas pelatihan enterpreunership dan agribisnis berbasis e-training.

Capaian ini diakui oleh banyak pihak, sejumlah universitas di pulau Jawa dan Sumatera beberapa kali studi banding ke Universitas Syiah Kuala khusus untuk mempelajari cara kampus bisa langsung loncat dari akreditasi C menjadi menjadi akreditasi A.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *